Thursday, June 21, 2012

Marketing: STPositioning


Dalam definisi tradisional, positioning sering disebut sebagai strategi untuk menangani dan menguasai benak konsumen melalui produk yang kita tawarkan (Kartajaya, Hermawan: 2004: 11). Hermawan Kartajaya dalam bukunya Hermawan Kartajaya on Positioning” mempunyai definisi sendiri. Menurutnya, positioning  merupakan the strategy to lead your customer credible, yaitu upaya untuk mengarahkan pelanggan Anda secara kredibel atau dengan kata lain, upaya untuk membangun dan mendapatkan kepercayaan pelanggan. Semakin kredibel Anda di mata pelanggan, semakin kukuh pula positioning  Anda.

                Dalam pemasaran, positioning adalah cara yang dilakukan oleh marketer untuk membangun citra atau identitas di benak konsumen untuk produk, merk atau lembaga tertentu. Positioning adalah membangun persepsi relatif satu produk dibanding produk lain. Karena penikmat produk adalah pasar, maka yang perlu dibangun adalah persepsi pasar. Reposisi produk sangat ditentukan dari sudut pandang mana konsumen melihat citra produk kita, apabila kita menerapkan family branding dalam mengembangkan produk, maka keseluruhan citra perusahaan akan sangat mempengaruhi citra produk.

Beberapa hal mendasar dalam membangun strategi positioning satu produk antara lain :
 
a.   Positioning menurut atribut produk.
b.   Positioning menurut manfaat.
c.   Positioning menurut harga/ kualitas.
d.   Positioning menurut penggunaan/ penerapan.

No comments:

Post a Comment