Thursday, June 21, 2012

LATIHAN METODOLOGI PENELITIAN



A. Rumusan Masalah

            Berkembangnya perdagangan bebas menimbulkan persaingan bisnis yang semakin ketat. Hal ini menuntut perusahaan semakin kreatif dalam menjalankan kegiatan usahanya. Salah satu diantaranya adalah dengan mengadakan promosi melalui media iklan. Media iklan sangat erat kaitannya dengan sosok endorser sebagai ikon iklan yang dapat mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian.

B. Pertanyaan Penelitian
            Berdasarkan rumusan masalah di atas, pertanyaan penelitian yang hendak dijawab adalah sebagai berikut:
1. Adakah pengaruh pemilihan endorser terhadap keputusan pembelian konsumen?
2. Seberapa besar pengaruh endorser “Selebriti X” terhadap keputusan pembelian produk XYZ?

C. Landasan Teori
1. Pengertian Periklanan
            a. Tujuan Periklanan
            b. Sasaran Periklanan
            c. Fungsi Periklanan
            d. Jenis-jenis Iklan
2. Celebrity Endorser
            a. Definisi Celebrity Endorser
            b. Kriteria Celebrity Endorser
3. Perilaku Konsumen
            a. Pengerian Perilaku Konsumen
            b. Model Perilaku Konsumen
4. Keputusan Pembelian


PENGARUH PENERAPAN PROGRAM CSR TERHADAP BRAND LOYALTY KONSUMEN PADA PRODUK XYZ
A. Rumusan Masalah
            Perkembangan dunia usaha yangs semakin cepat dan diiringi dengan meningkatnya persaingan menuntut perusahaan untuk semakinmeningkatkan kinerjanya. Hingga akhirnya, dalam beberapa dekade terakhir, perusahaan, terutama perusahaan besar telah member pengaruh yang sangat besar pada banyak aspek kehidupan masyarakat. Seiring dengan semakin besar dan luasnya pengaruh perusahaan terhadap kehidupan masyarakat, perusahaan sudah seharusnya bertanggungjawab terhadap keseluruhan lingkungan, baik internal maupun kesternal perusahaan. Pertanggungjawaban social ini lazin disebut sebagai corporate social responsibility (CSR).
B. Pertanyaan Penelitian
            Berdasarkan rumusan masalah di atas, pertanyaan penelitian yang hendak dijawab adalah sebagai berikut:
1. Apalah program CSR berpengaruh terhadap Brand Loyalty konsumen?
2. Berapa besar pengaruh program CSR terhadap Brand Loyalty konsumen?

C. Landasan Teori
1. Brand/ Merk
            a. Definisi Brand
            b. Brand Loyalty
            c. Tingkat Loyalitas Merek
2. Corporate Social Responsibility
3. Perilaku Konsumen
            a. Pengerian Perilaku Konsumen
            b. Model Perilaku Konsumen


PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN “AIR MINERAL XYZ”
A. Rumusan Masalah
            Dewasa ini, kebutuhan akan air bersih kian meningkat. Menyiasati peluang tersebut, kini telah banyak  industri yang memproduksi air minum mineral dengan berbagai merek, sehingga  konsumen dituntut untuk lebih selektif dalam pemilihan air minum mineral. Dalam hal ini, fungsi pemasaran menjadi  salah satu unsur penting di samping fungsi lainnya guna mengantisipasi perubahan yang terjadi di lingkungan konsumen. Persaingan dari segi kualitas, produk, merek, harga, model kemasan, maupun usaha pemasaran perlu dilakukan oleh perusahaan.  Dari atribut itulah suatu produk akan dipandang oleh konsumen berbeda dengan produk yang dikeluarkan oleh pesaingnya. Hal ini selanjutnya akan memengaruhi pengambilan keputusan pembelian konsumen.

B. Pertanyaan Penelitian
            Berdasarkan rumusan masalah di atas, pertanyaan penelitian yang hendak dijawab adalah sebagai berikut:
1. Apakah atribut produk (harga, merek, dan kemasan) memengaruhi keputusan pembelian “Air Mineral XYZ”?
2. Atribut produk (harga, merek, dan kemasan) manakah yang paling dominan memengaruhi keputusan pembelian produk “Air Mineral XYZ”?

C. Landasan Teori
1. Strategi Pemasaran Produk
2. Atribut Produk
            a. Harga
            b. Merek
            c. Kemasan
3. Perilaku Konsumen
            a. Psikografi Konsumen
            b. Perilaku konsumen dan Hubungannya dengan Keputusan Pembelian

No comments:

Post a Comment