Definisi
Pemasaran Global adalah kegiatan pemasaran
oleh perusahaan (global) yang mempunyai bisnis (global) dengan strategi
pemasaran (global), pasar (global), maupun produk (global) yang sama (standar)
di berbagai negara. Atau sederhananya pemasaran global adalah kegiatan
pemasaran yang operasinya melewati batas-batas lebih dari satu negara.
Tahapan
Menjadi Pemasar Internasional
1. - Perusahaan Domestik
- Perusahaan Internasional
- Perusahaan Multinasional
- Perusahaan Global / Transnasional
Lima strategi produk dan promosi
internasional:
A. Produk
- Perluasan produk langsung (straight
product extension) berarti pemasaransuatu produk di pasar luar negri tanpa
perubahan apapun.
- Adaptasi produk (product adaptation)
adalah menyesuaikan produk dengankondisi atau keinginan setempat.
- Penemuan produk adalah menciptakan
produk atau jasa baru untuk pasar luar negeri.
B. Promosi
- Perusahaan dapat menerapkan strategi promosi
yang sama dengan yang merekagunakan di pasar dalam negeri, atau mengubahnya
untuk setiap pasar lokal.
- Adaptasi komunikasi (communication
adaptation) adalah menyesuaikansepenuhnya pesan iklan terhadap pasar setempat.
- Adaptasi ganda adalah mengadaptasi
promosi dengan pasar danmenyesuaikan produk tersebut.
Harga
Perusahaan menghadapi banyak masalah mengenai
penetapan harga di pasar internasional. Misalnya menetapkan harga peralatan
secara global. Perusahaan dapat menetapkan harga seragam di seluruh dunia,
tetapi harga itu akan terlalu mahal dinegara-negara miskin dan kurang tinggi di
negara kaya. Terlepas dari cara perusahaan menetapkan harga produknya, harga
diluar negeri mungkin lebih tinggi daripadaharga dipasar domestik. Dan masalah
lain termasuk menetapkan harga untuk barangyang dikirimkan perusahaan ke anak
perusahaan di luar negeri.
Saluran
Distribusi
Perusahaan internasional harus mempunyai
pandangan saluran-menyeluruh (whole-channel view) mengenai masalah
pendistribusian produk kepada konsumen akhir. Artinya perusahaan merancang
saluran international yang memperhitungkan semua jalur dalam mendistribusikan
produk penjual kepada pembeli akhir, termasuk organisasi kantor pusat penjual
kepada pembeli akhir, termasuk organisasi kantor pusat penjual, saluran antarnegara, dan
saluran di dalam negara.
2
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteI REALLY LIKED Your blog. thanks for sharing
ReplyDeleteGlobal marketing guide
nice content!! But we bring you the meaning, advantages, and disadvantages of e-banking to help you better understand the concept. Read on, to know more
ReplyDeletee-banking
This comment has been removed by the author.
ReplyDelete