Thursday, June 21, 2012

Global Marketing

Definisi
Pemasaran Global adalah kegiatan pemasaran oleh perusahaan (global) yang mempunyai bisnis (global) dengan strategi pemasaran (global), pasar (global), maupun produk (global) yang sama (standar) di berbagai negara. Atau sederhananya pemasaran global adalah kegiatan pemasaran yang operasinya melewati batas-batas lebih dari satu negara.

Tahapan Menjadi Pemasar Internasional
 
1.                -  Perusahaan Domestik
- Perusahaan Internasional 
 -  Perusahaan Multinasional
- Perusahaan Global / Transnasional

Lima strategi produk dan promosi internasional:
      
        A. Produk
      -    Perluasan produk langsung (straight product extension) berarti pemasaransuatu produk di pasar luar negri tanpa perubahan apapun.
         -    Adaptasi produk (product adaptation) adalah menyesuaikan produk dengankondisi atau keinginan setempat.
         -    Penemuan produk adalah menciptakan produk atau jasa baru untuk pasar luar negeri.

 
B. Promosi
   - Perusahaan dapat menerapkan strategi promosi yang sama dengan yang merekagunakan di pasar dalam negeri, atau mengubahnya untuk setiap pasar lokal.
       -  Adaptasi komunikasi (communication adaptation) adalah menyesuaikansepenuhnya pesan iklan terhadap pasar setempat.
          -   Adaptasi ganda adalah mengadaptasi promosi dengan pasar danmenyesuaikan produk tersebut.

 
Harga

Perusahaan menghadapi banyak masalah mengenai penetapan harga di pasar internasional. Misalnya menetapkan harga peralatan secara global. Perusahaan dapat menetapkan harga seragam di seluruh dunia, tetapi harga itu akan terlalu mahal dinegara-negara miskin dan kurang tinggi di negara kaya. Terlepas dari cara perusahaan menetapkan harga produknya, harga diluar negeri mungkin lebih tinggi daripadaharga dipasar domestik. Dan masalah lain termasuk menetapkan harga untuk barangyang dikirimkan perusahaan ke anak perusahaan di luar negeri.

Saluran Distribusi

Perusahaan internasional harus mempunyai pandangan saluran-menyeluruh (whole-channel view) mengenai masalah pendistribusian produk kepada konsumen akhir. Artinya perusahaan merancang saluran international yang memperhitungkan semua jalur dalam mendistribusikan produk penjual kepada pembeli akhir, termasuk organisasi kantor pusat penjual kepada pembeli akhir, termasuk organisasi kantor  pusat penjual, saluran antarnegara, dan saluran di dalam negara.



2




5 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. nice content!! But we bring you the meaning, advantages, and disadvantages of e-banking to help you better understand the concept. Read on, to know more
    e-banking

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete